Pengaruh manajemen tata ruang perpustakaan sekolah terhadap motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan selatan

Al Karimah, Naila (2017) Pengaruh manajemen tata ruang perpustakaan sekolah terhadap motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan selatan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Perpustakaan merupakan kegiatan yang berorientasi pada pelayanan dalam bentuk jasa, dan orang yang datang memanfaatkannya. Untuk dapat memikat mereka agar mau datang ke perpustakaan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perpustakaan adalah melalui penataan ruangan yang menarik dan fungsional. Penataan ruangan perpustakaan sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan semua kegiatan di perpustakaan baik untuk aspek layanan maupun untuk kegiatan penyiapan semua sarana dan prasarana pendukung layanan perpustakaan. Minat dan kegemaran membaca tidak dengan sendirinya dimiliki oleh seseorang, termasuk anak-anak dalam usia sekolah. Dorongan adalah daya motivasional yang mendorong lahirnya perilaku yang mengarah pada pencapaian suatu tujuan. Dorongan yang dimaksud adalah motivasi tidak hanya untuk perilaku tertentu saja, melainkan perilaku apa saja yang berkaitan dengan kebutuhan dasar yang diinginkan seseorang. Dorongan-dorongan tersebut dapat muncul dari dalam diri orang tersebut atau dapat rangsangan dari luar. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang bagaimana manajemen tata ruang pepustakaan sekolah di Madrasah Itidaiyah Salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan. Bagaimana motivasi membaca peserta didik di Madrasah Itidaiyah Salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan. Adakah pengaruh manajemen tata ruang perpustakaan sekolah terhadap motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen tata ruang perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan, untuk mengetahui motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen tata ruang perpustakaan sekolah terhadap motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Saalafiyah (MIS) Jenggot 01 Pekalongan Selatan. Kemudian kegunaan secara teoritis dan praktis dalam penelitian ini adalah Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis terutama dalam pendidikan serta dapat dijadikan info pertimbangan dalam rangka upaya meningkatkan perpustakaan sekolah agar menjadi lebih baik. Bagi peserta didik, untuk menumbuhkan motivasi membaca terutama di perpustakaan sekolah itu sendiri. Sebagai masukan untuk guru maupun petugas pengelola perpustakaan sekolah agar meningkatkan kinerja dalam mengelola perpustakaan sekolahnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manjemen tata ruang perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan Selatan masuk dalam kategori Baik, karena rata-rata yang diperoleh yaitu 28,4 terdapat pada interval kelas 28 – 29 dengan kategori Baik. motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan Selatan masuk dalam kategori Sedang, karena rata-rata yang diperoleh yaitu 28 terdapat pada interval kelas 27 – 29 dengan kategori Sedang. Hasil perhitungan yang didapat thitung = 1,94320. Dari responden yang berjumlah 49 pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil, thitung = 1,94320 < ttabel = 2,01174 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh hasil, thitung = 1,94320 < ttabel = 2,68456. sehingga Ho diterima, Ha ditolak. Maka disimpulkan variabel independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Jadi, tidak ada pengaruh manajemen tata ruang perpustakaan sekolah terhadap motivasi membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, tata ruang perpustakaan, motivasi membaca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item