Dienulhaq, Dzikka (2019) Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Fitrah di SABA (Sekolah Akil Baligh) Al Madinah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Text
023215528_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
023215528_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
023215528_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan potensi karakter, yang harapannya dapat membentuk individu yang bermanfaat dengan akhlak yang baik. Dengan demikian perlu adanya pembaharuan strategi dan inovasi, supaya pendidikan karakter yang diterapkan dapat mencapai tujuan tersebut. Hal terpenting dalam pendidikan bukan sekedar proses belajar-mengajar, yang mana guru hanya mentransfer bermacam ilmu pengetahuan pada peserta didik, namun guru juga harus memperhatikan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik. SABA (Sekolah Akil Baligh) Al Madinah Pekalongan, sesuai dengan visinya menjadi fasilitator bagi orang tua dalam mendidik anaknya agar menjadi generasi sholih/sholihah, berkarakter, mandiri, bertanggung jawab serta bermanfaat bagi umat, mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis fitrah sebagai strategi untuk menumbuhkan dan membangkitkan potensi-potensi karakter peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis fitrah di SABA Al Madinah Pekalongan?, dan (2) Bagaimana peran guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis fitrah bagi siswa SABA Al Madinah Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Implementasi pendidikan karakter berbasis fitrah di SABA Al Madinah Pekalongan, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pada tahap perencanaan terdapat perangkat pendidikan berupa kurikulum, silabus maupun RPP yang terintegrasi niai-nilai karakter, selain itu juga terdapat MOU dengan wali murid. Pada tahap pelaksanaan menerapkan pendidikan karakter dengan menumbuhkan karakter iman, karakter belajar, karakter bakat yang kemudian diselaraskan dengan karakter perkembangan peserta didikdan didukung dengan program-program penunjang meliputi kelas minat bakat, camping, tour to the talent, family gathering dan tadabur alam. Sedangkan pada tahap evaluasi, dilakukan penilaian berupa tes maupun pengamatan yang disampaikan melalui raport dan buku penghubung. Adapun peran guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis fitrah di SABA Al Madinah Pekalonganya itu guru sebagai perencana, fasilitator atau pengganti orang tua, organisator, transformator, inovator, dan evaluator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran guru, implementasi, pendidikan karakter berbasis fitrah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370.114 Ethical Education/Etika Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10897 |
Actions (login required)
View Item |