Hidayah, Dina (2024) Pengaruh Bimbingan Individu Berbasis Islam Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 4 Rsndudongkal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520098_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3520098_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari ketaatan (kepatuhan) terhadap aturan (tata tertib) yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah. Bimbingan individu berbasis islam terhadap kedisiplinan peserta didik sebagai upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam mendidik peserta didik agar memiliki kedisiplinan yang sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu dengan penyelesaian atau penanganan membentuk akhlak yang baik dan mendorong untuk melaksanakan tanggungjawab serta mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan konsisten. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Bimbingan individu berbasis Islam di SMP Negeri 4 Randudongkal, Bagaimana Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 4 Randudongkal, Bagaimana Pengaruh Bimbingan Individu berbasis Islam Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 4 Randudongkal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Bimbingan Individu Islami Didik di SMP Negeri 4 Randudongkal, untuk Mengetahui Tingkat Kedisiplinan Peserta di SMP Negeri 4 Randudongkal, untuk Mengetahui Pengaruh Bimbingan Individu Islami di SMP Negeri 4 Randudongkal. Dan kegunaan penelitian ini yaitu meliputi teoritis dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian 96 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Randudongkal yang dipilih secara acak. Sedangkan pengolahan data penelitian ini menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan individu Berbasis Islam terhadap kedisiplinan peserta didik dari 96 peserta didik kategori sangat baik (66%), kategori baik (22%), kategori cukup (10%), kategori kurang (1%). Kedisiplinan peserta didik kategori sangat baik (68%), kategori baik (29%), kategori cukup (3%), Dan hasil analisis taraf nyata (α) dan nilai tabel sebesar =5% = 0,05 diperoleh hasil analisis thitung = 5.14 sedangkan nilai ttabel = 1,662 untuk 96 sampel yang dapat diartikan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,14 >1,662. Maka dengan demikian pengaruh bimbingan individu islami berpengaruh positif terhadap perilaku disiplin peserta didik di SMP Negeri 4 Randudongkal yakni 23% sedangkan sisanya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan individu berbasis Islam, Kedisiplinan, Peserta didik SMP Negeri 4 Randudongkal | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10900 |
Actions (login required)
View Item |