Zahrotunnisa, Ani (2024) Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Project Based Learning Menurut Kurikulum Merdeka Pada Mapel PAI Di SMP Negeri 1 Peninggaran Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50222031_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf Download (2MB) |
|
Text
50222031_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
50222031_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang menjadi kebutuhan bagi semua orang dalam kehidupan, terutama dalam proses menentukan pilihan. Setiap individu membutuhkan keterampilan berpikir kritis agar berhasil memecahkan masalah dalam situasi sulit. Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Dalam Kurikulum Merdeka PAI diharapkan tidak hanya berfokus pada aspek pengetahuan keagamaan, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan global, kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi PBL dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran sesuai kurikulum merdeka? Mengapa SMP Negeri 1 Paninggaran merapkan model PBL untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis? Bagaimana model PBL dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis pada Mapel PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran? Apa Faktor pendukung dan penghambat penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran? Tujuan penelitian adalah: Untuk menganalisis Bagaimana implementasi PBL dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran sesuai kurikulum merdeka, untuk menganalisis alasan SMP Negeri 1 Paninggaran menerapkan model PBL untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis, Bagaimana model PBL dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis pada Mapel PAI di SMP Negeri 1? Untuk menganalisis model PBL dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis pada Mapel PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran, untuk menganalisis apa saja Faktor pendukung dan penghambat penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:44 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10924 |
Actions (login required)
View Item |