Strategi Guru Dalam Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Sebagai Goal Setting Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

Suroso, Suroso (2024) Strategi Guru Dalam Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Sebagai Goal Setting Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222048_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222048_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
50222048_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana dan metode yang dirancang guru untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, strategi pembelajaran PAI juga harus mempertimbangkan berbagai faktor lainnya, seperti tingkatan sekolah, karakteristik peserta didik, latar belakang sosial, dan latar belakang pendidikan anak. Pendidikan yang mengedepankan keterampilan bernalar kritis membantu peserta didik dalam menemukan dan mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter bernalar kritis sebagai goal setting pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, (2) faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter bernalar kritis sebagai goal setting pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, (3) implikasi strategi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter bernalar kritis sebagai goal setting pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pendidikan karakter bernalar kritis siswa dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta guru PAI mengkombinasikan beberapa strategi saat kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pembiasaan dilakukan secara rutin di sekolah. (2) Faktor pendukung pendidikan karakter bernalar kritis siswa diantaranya adalah SDM guru yang kompeten, fasilitas sekolah, kemudahan teknologi,

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNasrowi, Bagas MuktiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, pendidikan karakter bernalar kritis, goal Setting pembelajaran PAI.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:07
Last Modified: 13 Dec 2024 08:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item