Ramadani, Fita Arista (2024) Pertanggung Jawaban Penjual Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Melalui E-Commerce Shopee. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
1220159_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
1220159_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
1220159_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
Abstract
Di Indonesia jual beli online sudah tidak asing membuat banyak orang yang memilih produk yang di inginkannya lebih mudah dan untuk menawarkan atau memasarkan barang dagangan mereka melalui media sosial atau yang disebut dengan E-Commerce. E-Commerce merupakan jual beli online melalui media internet yang menghubungkan konsumen dengan penjual hanya bermodalkan smartphone. Sistem jual beli online ini penjual dan konsumen tidak bertemu secara langsung, barang yang diperdagangkan juga tidak nyata hanya berupa deskripsi disertai foto, jual beli yang seperti itu tentu saja rawan penipuan bahkan kasus penipuan jual beli online juga cukup banyak ditemukan seperti barang yang berbeda dengan gambar dan kerusakan pada barang yang merugikan konsumen. Oleh karena itu fenomena ini menarik untuk diteliti terkait pertanggung jawaban penjual tehadap pembeli yang mengalami kerugian atas barang yang dibeli rusak serta kebijakan shopee guna memberikan perlindungan hukum bagi konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau nama lainnya yaitu penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data berupa data primer dan sekunder dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode yang penulis gunakan untuk menganalisis yaitu metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tanggung jawab pelaku usaha sangat penting jika konsumen yang merasa dirugikan dalam bertransaksi di Shopee, maka konsumen berhak mendapatkan perlindungan. Apabila terjadi permasalahan atau perselisihan antara konsumen dan penjual, pihak Shopee menawarkan solusi sebagai pihak ketiga apabila tidak tercapai mufakat dalam hal tersebut, pihak Shopee akan membantu konsumen atau pengusaha untuk menyelesaikan perselisihan dan permasalahannya secara musyawarah dengan menghubungi pihak penjual dan pembeli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Jual Beli, Shopee | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Fasya | ||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:47 | ||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 05:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10932 |
Actions (login required)
View Item |