Mayasari, Lina (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Setiap individu memiliki cara yang berbeda untuk mengembangkan berbagai kecerdasan yang ada dalam dirinya. Untuk itulah dalam proses pendidikan dan pembelajaran khususnya setiap anak harus mendapat perlakuan yang berbeda sesuai dengan potensi kecerdasannya masing-masing. Dengan memahami kecerdasan majemuk tersebut maka seorang guru dalam pembelajarannya tidak akan terpaku pada satu strategi saja. Dari latar belakang di atas, maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut bagaimana pembelajaran berbasis multiple intelligences, bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V, dan adakah pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran berbasis multiple intelligences, mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V, dan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V. Manfaat secara teoritis dan praktis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi perkembangan dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran tematik terkait dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik baik bagi guru, siswa, madrasah dan peneliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data angket atau kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisa statistika yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran berbasis multiple intelligences mempunyai nilai rata-rata 63,55. Nilai tersebut terletak pada interval 64-67 yang termasuk dalam kategori baik. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V mempunyai nilai rata-rata 70,55. Nilai tersebut terletak pada interval 70-72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Pembelajaran berbasis multiple intelligences menurut t_tabel N = 34 pada taraf signifikan 5% = 2,03693 dan pada taraf signifikan 1% = 2,73848. Karena t_hitung 2,84098, maka t_hitung 2,84098 > dari t_tabel baik pada taraf signifikan 5% = 2,03693 maupun dalam taraf signifikan 1% = 2,73848. Dengan demikian maka Ho = ditolak Ha = diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1094 |
Actions (login required)
View Item |