Sai’qoh Rif’ailmi, Sai'qoh (2024) Pelaksanaan Bimbingan Islam Dengan Teknik Self Management Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix Mts. Al-Muawanah Kendaldoyong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520095_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3520095_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3520095_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rif’ailmi, Sai’qoh. 2024. Pelaksanaan Bimbingan Islam Dengan Teknik Self Management Untuk mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong. Skripsi Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. Ani, Mpd.I Kata Kunci: Bimbingan Islam, Teknik Self Management, Motivasi Belajar Siswa Motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong, yang ditandai dengan tertidur, mengobrol, dan tidak memperhatikan saat pelajaran, memerlukan bimbingan Islam dari guru bimbingan konseling. Siswa dengan motivasi rendah akan diberikan layanan bimbingan Islam menggunakan teknik self management, yang memanfaatkan kemampuan individu. Diharapkan layanan ini dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan islam dengan teknik self management untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islam dengan teknik self management untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Al-Muawanah Kendaldoyong terdapat perubahan sesudah diberikan layanan bimbingan islam dengan teknik self management yaitu siswa kelas IX motivasi belajarnya menjadi lebih berkembang. Bimbingan islam dengan teknik self management dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap awal menjalin hubungan yang baik antara siswa dan guru BK. Tahap tengan atau kegiatan yaitu eksplorasi masalah dan solusi dengan teknik self management melalui monitor diri, evaluasi diri dan penguatan diri atau istiqomah. Tahap terakhir yaitu penutup kegiatan bimbingan yang melibatkan kesimpulan dan evaluasi selama proses bimbingan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islam, Teknik Self Management, Motivasi Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10951 |
Actions (login required)
View Item |