Pengaruh persepsi nasabah, Keamanan, dan kepercayaan Terhadap loyalitas nasabah BSI (Studi Kasus Pasca Peretasan dan Gangguan Layanan Pada Nasabah BSI di Kabupaten Pekalongan)

Arfiyani, Auliya (2024) Pengaruh persepsi nasabah, Keamanan, dan kepercayaan Terhadap loyalitas nasabah BSI (Studi Kasus Pasca Peretasan dan Gangguan Layanan Pada Nasabah BSI di Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220007_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4220007_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4220007_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Persepsi nasabah terbentuk melalui berbagai pengalaman, baik positif maupun negatif, yang mencakup aspek layanan seperti kualitas pelayanan, kemudahan akses, dan respon bank terhadap masalah. Sebagai institusi keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah, BSI memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan kepercayaan nasabah. Tingkat keamanan yang tinggi dapat membangun dan memperkuat kepercayaan nasabah. Ketika bank menunjukkan komitmen terhadap keamanan, kepercayaan nasabah akan meningkat yang juga akan meningkatkan loyalitas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi Nasabah, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah BSI (Studi Kasus Pasca Terjadinya Kasus Peretasan dan Gangguan Layanan Pada Nasabah BSI di Kabupaten Pekalongan). Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei dengan kuesioner yang melibatkan 96 responden sebagai sampel. Teknik sampling yang diterapkan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan memanfaatkan SPSS versi 23. Berdasarkan uji t (parsial), variabel persepsi nasabah (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas (Y) dengan nilai signifikansi 0,590 > 0,05, variabel keamanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas (Y) dengan nilai signifikansi 0,931 > 0,05, variabel kepercayaan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji statistik secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dimana nilai Fhitung > Ftabel (5,757 > 2,70) dan nilai probabilitas (sig.) adalah 0,001 < 0,05. Adapun dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,131 atau 13,1%. Artinya variabel dependen dapat menjelaskan variabel independen sebesar 13,1% dan 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dan tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, Singgih199309182020121UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Nasabah, Keamanan, Kepercayaan, dan Loyalitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:28
Last Modified: 04 Nov 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item