Adawiyah, Fiqi Robiatul (2017) Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas 5 di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Di SD/MI untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi belajar peserta didik maka ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar dapat mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran tersebut sehingga peserta didik akan berusaha untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.. Rumusan masalah Penelitian adalah bagaimana pemahaman siswa terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, bagaimana prestasi belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan adakah pengaruh pemahaman siswa terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan Penelitian adalah mengetahui pedoman penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, mengetahui prestasi belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan mengetahui pengaruh Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah interview, observasi, dokumentasi dan agket. Teknik analisis data menggunakan analisa statistika yaitu regresi linier sederhana. Hasil Penelitian, pemahaman siswa tentang kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 5 berdasarkan analisa data hasil angket mempunyai nilai rata-rata 66 dengan kategori baik. Prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas 5 berdasarkan analisa data laporan hasil belajar siswa mempunyai nilai rata-rata 81 dengan kategori baik. Berdasarkan perhitungan rumus regresi linier sederhana yaitu Y = a + bX = 1526,95. Diperoleh nilai ttabel untuk N= 34 pada taraf signifikansi 5% = 2,03693 dan pada taraf signifikansi 1% = 2,73848, karena thitung = 6,73608, maka thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Dengan demikian Ho = ditolak dan Ha = diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pemahaman siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kriteria Ketuntasan Minimal, Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |