Penerapan Metode Montessori Area Practical Life Dalam Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun Di Kiddos Preschool Pekalongan

Ghoniyah, Nisa (2024) Penerapan Metode Montessori Area Practical Life Dalam Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun Di Kiddos Preschool Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2419015_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (944kB)
[img] Text
2419015_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2419015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak usia dini merupakan masa golden age dimana pada masa ini anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan fisik motorik dibagi menjadi 2 yaitu, kemampuan motorik kasar dan motorik halus. Terlebih anak-anak yang mengalami kesulitan untuk mengoordinasikan gerakan tangan dan jari-jemarinya secara fleksibel dan sebagian anak mengalami kesulitan keterampilan motorik halus dilatar belakangi oleh pesatnya kemajuan teknologi. Dalam hal ini metode montessori area pratical life dirasa dapat menstimulus motorik halus anak karena menjadi pusat latihan, mendukung persiapan belajar anak dan berguna untuk akademiknya. Kiddos Preschool Pekalongan memiliki cara dalam menstimulus motorik halus anak yaitu dengan penerapan metode montessori area practical life. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tahapan-tahapan motorik halus anak usia 2-3 tahun di Kiddos Prreschool Pekalongan? (2) Bagaimana penerapan metode montessori area practical life dalam mengembangkan aspek motorik halus anak usia 2-3 tahun di Kiddos Preschool Pekalongan? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif, dilakukan di Kiddos Preschool Pekalongan selama 5 bulan mulai dari 27 November 2023 sampai 1 April 2024. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motorik halus peserta didik sudah sesuai dengan tahapan-tahapan motoriknya, hal ini di stimulus pada kegiatan bekerja 4 pondasi seperti care of self, care of environment, grace and couertesy, dan ground rules. Kemudian pada penerapan metode montessori area practical life dalam mengembangkan aspek motorik halus anak usia 2-3 tahun di Kiddos Preschool Pekalongan sudah sesuai dengan filosofi maria montessori anak bebas memilih aparatus apa yang akan dikerjakan, peserta didik harus menyelesaikan seluruh siklus aktivitas untuk setiap materi yang mereka pilih untuk dikerjakan, diselesaikan, dan disimpan kembali. Pada kegiatan bekerja dengan aparatus-aparatus di area pratical life sangat berhubungan dengan motorik halus anak karena setiap bekerja dengan aparatus-aparatus tersebut melibatkan tiga otot jari atau gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan otot-otot kecil, yang tidak begitu memerlukan tenaga serta koordinasi mata dan tangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Motorik Halus Anak, Penerapan Metode Montessori area Practical Life Usia 2-3 Tahun
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:51
Last Modified: 20 Dec 2024 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10976

Available Versions of this Item

  • Penerapan Metode Montessori Area Practical Life Dalam Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun Di Kiddos Preschool Pekalongan. (deposited 04 Nov 2024 03:51) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item