Variasi Penggunaan Metode Dalam Pembelajaran Fikih Kelas IV Di MIS Duwet Kota Pekalongan

Istifariyah, Firda (2017) Variasi Penggunaan Metode Dalam Pembelajaran Fikih Kelas IV Di MIS Duwet Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran akan berlangsung maksimal apabila didukung dengan metode yang tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik. Di SD/MI, penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi guru, kondisi peserta didik, dan kondisi kelas. Kebijakan dalam pemilihan metode dan pembelajaran berpengaruh kepada perencanaan, proses maupun output yang dihasilkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja metode yang digunakan dalam pembelajaran Fikih Kelas IV di MIS Duwet Kota Pekalongan dan Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan metode dalam pembelajaran Fikih Kelas IV di MIS Duwet Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam pembelajaran Fikih Kelas IV di MIS Duwet Kota Pekalongan dan untuk mendeskripsikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan metode dalam pembelajaran Fikih Kelas IV di MIS Duwet Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Fikih kelas IV di MIS Duwet Kota Pekalongan sudah baik dalam penggunaan metode untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Hal tersebut sebagaimana yang penulis teliti, setiap penyampaian materi yang beragam, berganti pula penggunaan metode di kelas maupun di luar kelas. Dengan penggunaan metode yang berganti-ganti juga memberikan energi yang positif bagi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, semangat dalam mengikuti pelajaran, antusias dalam menjawab pertanyaan, kritis terhadap suatu hal yang baru ia temukan, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Di MIS Duwet juga memberikan fasilitas jam tambahan bagi peserta didik yang belum menguasai materi, dengan bimbingan guru kelas yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Variasi Metode, Pembelajaran Fikih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item