Bimbingan klasikal berbasis islami untuk menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan

Tarani, Mey Firza Yinta (2024) Bimbingan klasikal berbasis islami untuk menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518082_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518082_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518082_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kenakalan siswa terjadi saat remaja atau saat peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Ada berbagai jenis kejahatan yang biasa dilakukan, mulai dari membolos dan melanggar peraturan sekolah hingga perkelahian pelajar dan bahkan melakukan pelanggaran hukum. Hal tersebut dapat dicegah melalui bimbingan klasikal berbasis islami yang disampaikan oleh guru bimbingan konseling untuk dapat meringankan masalah tersebut dan membantu siswa dalam mengembangkan dirinya sesuai dengan ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kenakalan siswa di SMK Gatra Praja Pekalongan?, (2) Bagaimana bimbingan klasikal berbasis islami dalam menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan? Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan dan untuk mengetahui bimbingan klasikal berbasis islami dalam menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiannlapangan (fieldnresearch). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenakalan siswa di SMK Gatra Praja Pekalongan terbagi menjadi dua kategori yaitu kenakalan yang bersifat amoral/asosial dan kenakalan siswa yang bersifat pelanggaran hukum. Dalam menangani kenakalan siswa di sekolah yaitu dengan melakukan bimbingan klasikal berbasis islami yang dilakukan setiap satu minggu sekali. Adapun tahapan kegiatan bimbingan klasikal berbasis islami yaitu menyusun program BK, melaksanakan program BK, evaluasi pelaksanaan BK

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawati, Izza198812112019032006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Kenakalan Siswa.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 06 Nov 2024 00:51
Last Modified: 06 Nov 2024 00:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item