Pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan

Ayuningtiyas, Dwi (2017) Pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi semua orang tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Namun pada kenyataannya di masyarakat masih banyak anak berkebutuhan khusus yang tidak mendapatkan pendidikan dikarenakan sekolah umum yang dekat dengan tempat tinggalnya tidak menerima anak berkebutuhan khusus sementara untuk sekolah di SLB biayanya cukup mahal dan tempatnya jauh. Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang menerima semua anak tanpa kecuali, berarti memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan di Sekolah Reguler bersama anak normal lainnya. Rumusan masalahnya adalah; bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan?, bagaimana hasil pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan?, bagaimana kendala dalam pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, hasil dan kendala dalam pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan terhadap upaya peningkatan kualitas Sekolah penyelanggara pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan penelitian studi lapangan. Subyek dalam penelitian ini, meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembimbing/guru BK, guru bidang studi,wali kelas dan peserta didik berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data. Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Kesesi menggunakan Kurikulum reguler yaitu KTSP yang belum dimodifikasi. Penerimaan peserta didik tidak menggunakan tes maupun seleksi khusus.Model penempatan kelas reguler (inklusif penuh). Identifikasi menggunakan pengamatan dan tes psikologi berupa tes IQ. Pembelajarnnya dengan menempatkan anak berkebutuhan khusus di bangku paling depan dengan model bangku bentuk U dan BUS. Metodenya ceramah, diskusi, pembiasaan, demonstrasi dan CTL. Evaluasinya disamakan dengan reguler. Hasil pelaksanaan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus dilihat dari hasil belajar ranah kognitif belum mendapatkan nilai yang maksimal dengan memperoleh nilai UH dibawah KKM. Dalam ranah afektif ABK bisa mengikuti pembelajaran di kelas dengan menunjukkan perhatian, semangat dan mempunyai motivasi yang tinggi. Dari ranah psikomotorik ABK terlibat aktif dalam proses pembelajaran, mandiri dan mampu bersosialisasi dengan teman dan guru di lingkungan sekolah. Untuk Kendalanya belum adanya guru pembimbing khusus, kurangnya dukungan dan perhatian dari dinas, sarana prasarana sekolah yang masih terbatas,belum adanya dana khusus inklusi, kurangnya pemahaman guru terkait penanganan dan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus serta Kurangnya tanggung jawab guru kelas terhadap perkembangan dan kemajuan belajar anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Pelaksanaan, Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item