Penggunaan Permainan Mufradat Hangman Dalam Meningkatkan Motivasi Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan

Setyaningsih, Maudy Dwi (2024) Penggunaan Permainan Mufradat Hangman Dalam Meningkatkan Motivasi Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220069_Cover_Bab I &Bab V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2220069_Full Text..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220069_Lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan dalam mempelajari bahasa Arab. Penyebab kurangnya ketertarikan siswa dalam mempelajari bahasa Arab adalah penggunaan metode pengajaran bahasa Arab yang monoton dan tradisional. Dalam penggunaan metode tersebut kurangnya interaksi murid dalam pembelajaran dan kurangnya partisipasi aktif dari siswa. Akibatnya siswa merasa bosan dengan pelajaran bahasa Arab dan kurang termotivasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan permainan hangman dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab agar lebih menarik, untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat motivasi siswa sebelum diterapkannya permainan mufrodat Hangman di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Mengetahui tingkat motivasi siswa setelah diterapkannya permainan mufrodat Hangman di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, Instrumen Penelitian, dan uji instrumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis data. Hasil Penelitian ini bahwa permainan mufradat Hangman efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan berdasarkan data perbandingan antara pre-test dan post-test, serta hasil dari dua kali penerapan treatment. Analisis data menunjukkan bahwa intervensi dengan permainan ini menghasilkan peningkatan motivasi yang signifikan. Uji-t yang dilakukan pada hasil post-test menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,574, yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,993, serta nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan data terserbut menegaskan bahwa perbedaan motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terjadi secara kebetulan, melainkan merupakan dampak positif dari penggunaan permainan ini. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dalam penguasaan mufradat dan kemampuan berbicara, serta lebih mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi siswa, Pembelajaran bahasa Arab, Permainan Hangman, Quasi Eksperiment
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:38
Last Modified: 18 Dec 2024 08:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item