Analisis semiotika charles sanders peirce dalam film animasi nussa the movie 2021:pendidikan Agama Islam dan tantangan radikalisme

Louis, M. Ariel Ramadhan (2024) Analisis semiotika charles sanders peirce dalam film animasi nussa the movie 2021:pendidikan Agama Islam dan tantangan radikalisme. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Menurut riset I-Khub Outlook BNPT RI tahun 2023, terdapat tiga kelompok rentan target radikalisasi, yaitu perempuan, remaja, dan anak-anak. Penanaman nilai pendidikan agama islam sejak dini untuk anak-anak dapat menjadi benteng akan paham radikalisme. Nilai tersebut dapat disampaikan melalui media film animasi. Mengingat anak-anak menjadi terget radikalisasi tersebut. Maka peneliti tertarik untuk menganalisa film animasi Nussa The Movie 2021 menggunakan teori analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang mengkaji tanda, objek dan interpretan untuk menemukan pesan nilai pendidikan agama islam yang dapat membentuk perilaku yang baik bagi anak. Harapannya film ini bisa menjadi tontonan bagi anak-anak serta menjadi media efektif penanaman nilai Pendidikan agama islam dalam upaya menangkal radikalisme. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi nilai Pendidikan agama Islam dan untuk menganalisis potensi film animasi Nussa The Movie 2021 sebagai media pendidikan agama islam yang efektif dalam menghadapi tantangan radikalisme. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian discourse analysis yang memanfaatkan sumber data kepustakaan dan menggunakan model pendekatan analisis wacana krtis. Penelitian ini menggunakan Grand Theory Pendidikan Agama Islam, Middle Theory Triangle Meaning Charles Sanders Peirce dan Applied Theory Perubahan Perilaku Stimulus-Respon. Sumber data di dapat dari primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel yakni dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan study pustaka. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil peneliti menonton film secara utuh hingga berulang kali. Peneliti menemukan 3 nilai Pendidikan agama Islam dengan 11 aspek yang tersajikan pada 17 scene film animasi. Setelah menganalisis dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan teori Triangle Meaning terdiri dari sign, object dan interpretant yang ada dalam film animasi Nussa. Peneliti selaku penonton film animasi Nussa The Movie 2021 merasakan adanya stimulus melalui pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara melalui tanda dan objek yang terkandung di dalam film animasi. Stimulus tersebut harapanya dapat menimbulkan reaksi respon berupa perubahan perilaku sesuai dengan nilai karakter keislaman anak yang dapat di terapkan dalam kehidupan. Penanaman nilai-nilai tersebut sejak dini dapat menjadi benteng dari tantangan radikalisme. Maka kesimpulannya film aimasi Nussa The Movie 2021 dapat menjadi media pendidikan agama islam yang efektif dalam merubah perilaku anak sesuai dengan nilai karakter keislaman guna menghadapi tantangan radikalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNasrowi, Bagas Mukti198910202022031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nussa The Movie 2021, Pendidikan Agama Islam, Radikalisme
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:20
Last Modified: 16 Dec 2024 02:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item