Nawawi, Moh. (2024) Peran kurikulum pendidikan agama islam dalam membentuk karakter muslim berkualitas pada SD IT Harapan Bunda Kec. Bandar Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_ Bab I dan Bab VII.pdf Download (852kB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum dan metodologi pengajaran yang efektif juga diperlukan untuk menciptakan pendidikan yang bermutu. Upaya pemerintah untuk menyebarkan ilmu agama termasuk pendidikan agama, tetapi agar siswa dapat mengembangkan karakter Islam, mereka tidak hanya harus memahami isinya tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana kurikulum pendidikan Agama Islam pada SDIT Harapan Bunda dapat membentuk karakter muslim berkualitas? Bagaimana peran kurikulum pendidikan Agama Islam pada SDIT Harapan Bunda dapat membentuk karakter muslim berkualitas pada siswa SDIT Harapan Bunda? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kurikulum Pendidikan Agama Islam SDIT Harapan Bunda memberikan kontribusi terhadap pengembangan karakter muslim yang positif. Penelitian ini bermanfaat karena memberikan kontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Agama Islam dan mengkaji evolusi ilmu pengetahuan di bidang pendidikan karakter muslim yang bermutu. Sebagai sumber untuk penelitian lebih lanjut tentang bagaimana kurikulum Pendidikan Agama Islam diterapkan untuk pengembangan karakter muslim yang terpuji. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif terdiri dari tiga langkah: meringkas data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan: a) Kurikulum merupakan landasan utama dalam menyelenggarakan pendidikan untuk mencapai tujuan atau visi misi sekolah, SDIT Harapan Bunda Kec. Bandar Batang mengintegrasikan antara kurikulum nasional dengan kurikulum JIST sebagai langkah untuk membentuk karakter muslim berkualitas. Kurikulum Pendidikan Agama islam tidak mengedepankan teori saja, tapi lebih menekankan pada nilai-nilai Islami seperti ibadah, akhlak, tanggung jawab, kejujuran, kesabaran dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadikan siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah, b). Kurikulum Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang efektif dalam mengembangkan karakter siswa kurikulum ini juga berfokus pada kejujuran, keadilan, kesabaran, kasih sayang, dll. Peran guru sebagi uswah atau contoh dalam bertindak sehari-hari merupakan hal yang tidak bisa dipisah dalam membetuk karakter muslim berkualitas di SDIT Harapan Bunda Kec. Bandar Batang. Program tahfid, qiroati, sholat berjamaah, sholat dhuha juga menjadi bagian dalam penanaman nilai-niali islami dalam karakter muslim berkualitas karena didalamnya mencakup nilai-nilai ketakwaan, kejujuran, kedisplinan dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Karakter | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:09 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11062 |
Actions (login required)
View Item |