Peran guru pendidikan agama islam (pai) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga

Irfamayani, Aulia (2017) Peran guru pendidikan agama islam (pai) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

SMP Islam Moga adalah sekolah menengah pertama yang berbasis Islam.SMP Islam Moga menginginkansiswanya memiliki perilaku yang baik.Karena dirasa pembiasaan kegiatan beribadah di sekolah merupakan salah satu bentuk pendekatan metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif kedalam diri peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk pembiasaan kegiatan beribadah yang diterapkan di SMP Islam Moga? Bagaimanaperan guru PendidikanAgama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga?Apa saja factor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga?. Tujuan untuk mengetahui bentuk pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga, untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga.untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga. Jenispenelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga yaitu shalat dhuhur berjamaah, infaq, tadarus al-Qur’an, doa bersama, membaca Asmaul Husna dan peringatan hari besar Islam.Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa diantaranya: (a) motivator, (b) informator, (c) fasilitator, (d) organisator, (e) pembimbing, dan (f) evaluator. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam yaitu: (1) faktor pendukung meliputi: seluruh komponen berpartipasi dan bekerjasama baik kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah, adanya jadwal pelaksana kegiatan, dan tersedianya sarana dan prasarana, (2) faktor penghambat meliputi: keterbatasan nya waktu, masih adanya siswa yang tidak tanggung jawab dalam menjaga fasilitas beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan Beribadah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item