Khoiriyah, Sabila Safira (2024) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X Di Man Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120097_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120097_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2120097_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran diaktan efektif ialah jika siswa ikut serta didalam proses pembejaran, tidak hanya pasif dikelas melainkan aktif didalam pembelajaran. Maka dari itu untuk mengajar peserta perlu menggunakan pendekatan yang memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, dan juga pengunaan metode yang bervariatif untuk menghindari rasa bosen kepada siswa dalam pembelajaran sangat diperlukan. Penggunaan metode outdoor learning adalah salah satu untuk memberikan suasan pembelajaran yang lebih menyenangkan, siswa dan guru tidak lagi belajar dilingkup kelas melainkan bisa ditaman, teras masjid,lapangan dan sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah utama; pertama, adakah pengaruh metode outdoor learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran akidah ahlak kelas x di MAN Pemalang; seberapa besar pengaruh metode outdoor learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran akidah ahlak kelas x di MAN Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan mengetahui besaran hubungan anatara variabel outdoor learning dengan keaktifan. Sampel yang diambildari penelitian ini adalah kelas X 5 yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa data yaitu angket, dan dokumentasi. Pengolahan analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif, uji hipotesis. Uji hipotesis dihitung dengan menggunakan korelasi product moment, regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi dengan hasil sebagai berikut: berdasarkan hasl yang diperoleh nilai Fhitung = 94,116. Sedangkan F tabel = 4,28 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Adapun kriteria Ho ditolak jika F hitung > F tabel dengan signifikansi = 0,05 (5%) dengan nilai 94,116 > 4,28. Dan besaran pengaruh variabel outdoor learning terhadap keaktifan adalah sebesar 80,4%. Dan sisanya 19,6% tidak diteliti dalam penelitian. Kesimpulanya menggunaan metode outdoor learning dapat meningkatkan keaktifan siswa mata Pelajaran akidah akhlak kelas X MAN Pemalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, Outdoor Learning, Keaktifan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11102 |
Actions (login required)
View Item |