Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan

Atika Sari, Winda (2018) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari realita SMP N 5 Pekalongan sebagai lembaga pendidikan yang independen yang memiliki program sekolah umum yang ditunjuk sekolah model PAI. Berdasarkan sifat dan karakteristiknya yang berbeda tentunya Sekolah SMP N 5 Pekalongan mempunyai dan menerapkan program kegiatan keagamaan berbeda pula. Oleh karena itu, guru pendidikan agama Islam selaku penentu arah sekolah SMP N 5 Pekalongan harus mampu membaca keadaan kemudian menerjemahkan kecenderungan masyarakat dalam konteks waktu sekarang maupun yang akan terjadi mendatang. Upaya guru pendidikan agama Islam SMP N 5 Pekalongan harus mampu mempertahankan kekhasanya dan relevan dengan kondisi masyarakat sekarang dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan? Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan?, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan, kegunaan penelitian ini secara teoritis: memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada umumnya, dan khususnya dalam pendidikan formal tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan, penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan khazanah atau pengetahuan khususnya bagi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter, kemudian kegunaan penelitian ini secara praktis: memberikan masukan bagi stakeholder di SMP N 5 Pekalongan dalam memahami penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan, untuk menambah wawasan keilmuan bagi pembaca pada umumnya dan peneliti pada khususnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field riset) dengan pendekatan kualitatif. Sumber pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Miles dan Huberman membagi analisis data dalam penelitian kualitatif ke dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan meliputi latar belakang mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan yaitu mempunyai tujuan untuk membantu siswa-siswi SMP N 5 Pekalongan agar mempunyai karakter religius, bisa membantu bapak ibu guru dalam pembentukan akhlak dan kepribadian, dan siswa bisa mempunyai pondasi agama yang baik, adapun manfaat mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di antaranya adalah Menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi yang tidak didapatkan di dalam kelas, sebagai wahana dalam upaya membentuk dan mengembangkan karakter religius siswa kearah yang lebih baik. Membekali siswa-siswi dengan ilmu yang bermanfaat. Pelaksanaan mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan berjalan dengan baik sesuai jadwal yang telah di tentukan. Adapun alat-alat yang digunakan dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan adalah tempat musala, mukena, sarung, sajadah dan alat ibadah lainya seperti microphone 2 buah, salon 1 buah, tip satu buah, dan LCD 1 buah selain itu, terdapat 200 buah kitab Majmu’ lathif dan salinan teks asmaul khusna 150 buah yang di gunakan siswa selama mengikuti kegiatan keagamaan. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 Pekalongan meliputi membiasakan siswa membaca asmaul husna dan surat yaasin, membiasakan berdo’a sebelum pelajaran, btq, dan tadarus pagi bagi seluruh siswa dari kelas 7, 8, dan 9, membiasakan sholat sunnah dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, dan infak setiap hari jum’at, membiasakan siswa untuk memakai jilbab dan berpakaian sopan, mengulangi materi kuliah ahad pagi pada pembelajaran pendidikan agama islam serta memberikan nasihat pada saat kegiatan keagamaan. Faktor pendukung upaya pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMP N 5 : kerja sama dengan berbagai elemen di sekolah, fasilitas yang memadai, lingkungan (masyarakat sekitar sekolah), motivasi orang tua, memasukan kegiatan keagamaan pada aspek penilaian, dan adanya motivasi dari guru PAI kepada siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan. Faktor penghambatnya yaitu: teman sepergaulan, belum adanya regulasi secara terstruktur mengenai tugas wali kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item