Pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan

Sulistiya, Rifka Amalia (2018) Pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kepemimpinan adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam organisasi dan baik buruknya organisasi sering kali sebagian besar tergantung pada faktor pemimpin, salah satunya di SMP Negeri 15 Pekalongan. Kepala sekolah menggunakan pendekatan terhadap bawahannya dengan keteladanan sikapnya. Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru, kepala sekolah menerapkan beberapa pola sehingga mempengaruhi kedisiplinan guru seperti kedisiplinan waktu, kedisiplinan kerja dan kedisiplinan terhadap peraturan. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 15 Pekalongan, bagaimana kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan dan bagaimana pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 15 Pekalongan, untuk mengetahui kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan dan untuk mengetahui pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Dalam penelitian ini terdapat dua kegunaan, yaitu kegunaan teoritis: a). dapat menambah pengetahuan tentang pola kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru, b). sebagai khazanah keilmuan bagi masyarakat pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kepemimpinan yang ada di sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Kegunaan praktis: a). sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan lebih lanjut dalam rangka usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan, b). dapat memberikan gambaran tentang profil dan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan: Pertama, dilihat dari proses kepemimpinan kepala sekolah menggunakan pendekatan perilaku melalui keteladanan sikapnya, kemudian kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokrartis yang ditandai dengan musyawarah mufakat dan menerima segala bentuk masukan dari para guru. Kedua, kedisiplinan guru sudah tergolong baik, terbukti dengan adanya kedisiplinan waktu: berkurangnya guru yang datang terlambat karena adanya pengawasan secara langsung dari kepala sekolah, disiplin kerja: adanya penilaian kinerja guru melalui lembar instrumen supervisi serta adanya pengawasan dalam pembuatan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran RPP bagi para guru, dan disiplin terhadap peraturan: semua guru di SMP Negeri 15 Pekalongan sudah mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah dengan baik. Ketiga, pola yang digunakan kepala sekolah di SMP Negeri 15 Pekalongan dalam meningkatkan kedisiplinan guru berupa: memberikan motivasi melalui pembinaan yang dilakukan setiap satu bulan sekali, memberikan penghargaan berupa pujian yang diberikan kepada guru yang melaksanakan tugasnya dengan baik serta melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara 100% selama satu tahun, melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang tengah berlangsung, dan melakukan evaluasi setiap hari jika diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item