Muamalah, Risqi (2017) Upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru rumpun pendidikan agama islam di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagaian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi pedagogik guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan?, Bagaimana upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan? dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan komptensi pedagogik Guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui upaya pengembangan kompetensi pedagogik Guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan kompetensi pedagogik Guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Hiberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama kompetensi pedagogik guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs NU Tirto kabupaten Pekalongan memiliki 5 kemampuan, yakni mampu mengelola pembelajaran, mampu memahami peserta didik, mampu merancang pembelajaran, mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Kedua upaya yang dilakukan dalam pengembangan kompetensi pedagogik yakni mengikuti seminar yang diadakan oleh kemenag maupun LP.Ma’arif, mengikuti MGMP dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, belajar secara berkelanjutan untuk mengembangkan inovasi-inovasi kreatif dalam pembelajaran, membuat karya pengembangan profesi. Kemudian faktor pendukungnya antara lain: sarana dan prasarana yang memadahi, motivasi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi yang dimilikinya, siswa yang mudah diatur, dan adanya pelatihan dan pendidikan bagi guru. Kemudian faktor penghambatnya antara lain: kesibukan guru dalam mengajar, pribadi guru yang berbeda-beda, minimnya anggaran dana untuk kegiatan pengembangan, dan pemahaman IT yang masih rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1114 |
Actions (login required)
View Item |