Korelasi antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru pai dengan motivasi belajar pai siswa di SMK N 1 Pekalongan

Maghfiroh, Maghfiroh (2017) Korelasi antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru pai dengan motivasi belajar pai siswa di SMK N 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI merupakan penilaian siswa terhadap guru PAI baik ketika mengajar maupun ketika diluar jam pelajaran, meliputi penguasaan guru terhadap materi yang diajarkan, metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan media yang digunakan guru ketika mengajar. Persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Profesionalisme guru memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Motivasi belajar siswa bisa terlihat dari aktivitas siswa ketika belajar, seperti: keseriusan siswa dalam menerima materi pelajaran, aktif dan kreatif dalam penyelesaian tugas-tugas, tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran walaupun berlangsung lama, sedangkan siswa yang motivasi belajarnya kurang biasanya menunjukan sikap dan perilaku yang kurang mengenakan dalam proses pembelajaran, seperti acuk tak acuh dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI, apabila profesionalisme guru rendah maka perlu adanya peningkatan dengan menambah wawasan keilmuan baik akademik maupun keguruan. Untuk mengukur motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, apabila motivasi belajar PAI rendah maka perlu adanya motivasi belajar dari guru PAI. Untuk mengukur korelasi antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMK N 1 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu menekankan analisisnya pada data-data numerikal diolah pada metode statistika. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian lapangan field research, sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Perhitungan data angket pada tabel deskripsi persentase variabel X (persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI di SMK N 1 Pekalongan) adalah 79,312%, nilai tersebut berada dalam interval 68 % ≥ % ≤ 84 % yang masuk dalam kategori baik, sedangkan nilai persentase variabel Y (motivasi belajar PAI siswa di SMK N 1 Pekalongan) adalah 78,318%, nilai tersebut berada dalam interval 68 % ≥ % ≤ 84 % yang masuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa korelasi antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMK N 1 Pekalongan terdapat korelasi positif cukup. Artinya antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru PAI berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMK N 1 Pekalongan, hal ini terbukti pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,148 sementara rb = 0,627, berarti | rb | > rt, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, pada tingkat 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru Motivasi Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item