Ardana, Ardana (2024) Analisis Idiom Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020 (Kajian Semantik dan Gramatikal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220097_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (8MB) |
|
Text
2220097_Full Text..pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2220097_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Abstract
Buku ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa. Kenyataannya banyak peserta didik yang masih kesulitan untuk memahami susunan kalimat dalam bahasa Arab salah satu makna kata yang sulit untuk dipahami adalah kalimat idiom. Dalam memahami dan menerjemahkan kalimat idiomatik dalam bahasa Arab tidak semudah menerjemahkan makna leksikal, karena kalimat idiom bisa memiliki makna baru. Penelitian ini berfokus pada buku ajar bahasa Arab kelas IX Madrasah Tsanawiyah, yang mengandung teks-teks dengan kalimat idiomatik yang perlu dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah; mendeskripsikan hasil temuan idiom dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis idiom dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX ditinjau dari segi semantik, dan mengidentifikasi serta menganalisis konstruksi pembentuk idiom bahasa Arab dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX ditinjau dari segi garamatikal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research atau studi pustaka. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik penelusuran pustaka dan dokumentatif. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil temuan idiom pada buku ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020 ditemukan sebanyak 25 idiom, yaitu: 3 idiom pada bab pertama, 2 idiom pada bab dua, 5 idiom pada bab tiga, 2 idiom pada latihan ujian semester pertama, 3 idiom pada bab empat, 1 idiom pada bab lima, 8 idiom pada bab enam dan 1 idiom pada daftar pustaka. Jenis-jenis idiom dalam buku ajar bahasa Arab ditinjau dari segi semantik dibagi menjadi 2 jenis idiom yaitu; idiom sebagian dan idiom penuh, 16 diantaranya tergolong sebagai idiom sebagian, dan 9 diantaranya tergolong sebagai idiom penuh. Kontruksi pembentuk idiom dalam buku ajar bahasa Arab ditinjau dari segi tinjauan gramatikal, dibagi menjadi 6 jenis yaitu; konstruksi Iḍāfiy (Aneksatif) terdapat 4 idiom, konstruksi Na’tiy (Deskriptif) terdapat 2 idiom, konstruksi Jariy (Preposisi) terdapat 16 idiom, konstruksi Istifhāmiy (Interogatif) terdapat 1 idiom, Konstruksi Ẓarfiy (Adverbial) terdapat 1 idiom, dan Konstruksi Munādā (Interjeksi) tidak ditemukan idiom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Idiom, Buku Ajar Bahasa Arab, Gramatikal, Semantik. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11166 |
Actions (login required)
View Item |