Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Dalam Pemilihan Metode Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Man Kota Tegal

Afiani, Dian Nur (2024) Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Dalam Pemilihan Metode Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Man Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121067_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121067_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121067_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum merdeka belajar baru diterapkan kurang dari 1 tahun di MAN Kota Tegal, untuk menjalankan kurikulum yang berlaku agar sesuai dengan tujuan dari pendidikan, maka guru perlu memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Fiqih. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru mata pelajaran fiqih kelas X dalam pemilihan metoode pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di MAN Kota Tegal? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada upaya guru mata pelajaran fiqih kelas X dalam pemilihan metode pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di MAN Kota Tegal? Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru mata pelajaran fiqih kelas X dalam pemilihan metoode pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di MAN Kota Tegal. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada upaya guru mata pelajaran fiqih kelas X dalam pemilihan metode pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di MAN Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru pengampu mata pelajaran fiqih. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Kota Tegal melakukan tiga upaya dalam memilih metode pembelajaran agar sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekarang yaitu kurikulum merdeka belajar, adapun upaya tersebut yaitu: pertama dengan melihat kondisi dari peserta didik, kedua dengan melihat materi ajar, dan ketiga dengan melihat kondisi lingkungan kelas. Faktor pendukung Faktor pendukungnya yaitu pada sarana dan prasarana yang sudah memadai dan dukungan dari pihak sekolah kepada guru berupa pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar. Sedangkan Sedangkan faktor penghambatnya terletak pada karakteristik peserta didik yang beragam dan juga pada beberapa guru yang kurang dalam ikut serta pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar yang diadakan oleh pihak madarasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Fiqih, Metode Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:09
Last Modified: 07 Nov 2024 06:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item