Nurmawati, Eny (2017) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam membudayakan manusia. Melalui pendidikan, kepribadian siswa dibentuk dan diarahkan sehingga dapat membentuk derajat kemanusiaan sebagai makhluk berbudaya yang berkualitas dan bertanggungjawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang? Serta Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang, mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini yaitu sebagai bahan pengetahuan bagi SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang dalam meningkatkan kualitas mutu sekolah serta diharapkan mampu menumbuhkan inspirasi pada kepala sekolah dan guru di sekolah untuk memberikan pembiasaan kegiatan keagamaan sebagai terwujudnya pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research). Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang bertujuan untuk menanamkan karakter pada diri siswa dengan melalui kegiatan keagamaan shalat dhuha, hafalan, dan muhadzarah. Sedangkan faktor yang mendukung kegiatan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang adalah sangat didukung oleh wali murid, sekolah, komite, dan yayasan, serta sarana yang lengkap dan guru pamong yang mumpuni. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah kurang pahamnya siswa tentang hikmah kegiatan keagamaan, jumlah guru pamong yang tidak seimbang dengan jumlah siswa, waktu yang terbatas, dan SDM/ input siswa yang kurang (terutama kemampuan membaca Alquran).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1117 |
Actions (login required)
View Item |