Anjarwati, Wiki Tuwi (2017) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas viii SMP N 3 Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I. V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku akibat interaksi individu dengan lingkungan. Dalam proses belajar siswa perlu menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosional, karena intelektual tidak akan berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah untuk mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan, bagaimana prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan, bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional, prestasi belajar pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakaan yang berupa hasil penelitian dengan harapan dapat di jadikan sebagai acuan karya ilmiah yang akan datang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, Angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan adalah baik. kedua, Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan adalah cukup. ketiga, ada pengaruh secara signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian telah didapat t_test = 11,261. Pada tingkat signifikan 1% nilai t_tabel = t ( 40 0,01/2 ) = 2,704, maka t_test = 11,261 > t_tabel = 2,704, sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Pada tingkat signifikan 5% nilai t_tabel = t_((40 .0,025)) = 2,021, maka t_test = 11,261 >t_tabel = 2,021, sehingga Ho ditolak, Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
View Item |