Utami, Ati (2017) Pengaruh kompetensi kepribadian guru pai terhadap minat belajar pai siswa kelas vii SMP N 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Keharusan bagi guru adalah memiliki sikap dan kepribadian yang baik. Sikap semacam ini akan menumbukan rasa suka siswanya untuk mengikuti pembelajaran. Rasa suka adalah salah satu kunci bagi keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran tidak akan mampu mencapai hasil maksimal manakala para siswanya memebenci terhadap gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI SMP N 3 Pekalongan? bagaimana minat belajar PAI siswa Kelas VII SMP N 3 Pekalongan? bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI siswa kelas VII SMP N 3 Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAI, untuk mengetahui minat belajar PAI siswa kelas VII, untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI siswa kelas VII SMP N 3 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistic regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi kepribadian mempunyai rata-rata 63,17 terletak pada interval 62-66 termasuk kategori baik, minat belajar PAI mempunyai rata-rata 61,11 terletak pada interval 59-64 termasuk kategori baik. Dan pada interpretasi secara sederhana rxy = 0,795 berada pada interval 0,71-90 pada tabel patokan interpretasi nilai r. Maka antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat. Yang berarti terdapat pengaruh yang kuat antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI siswa kelas VII SMP N 3 Pekalongan. Dari hasil perhitungan telah diapat t_Test = 7,243. Pada tingkat signifikan 1% = 1,694, maka t_Test = 7,243 > t_tabel = 1,694 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada tingkat signifikan 5% = 2,037, maka t_Test = 7,243 > t_tabel = 2,037 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan variabel independen X (kompetensi kepribadian guru PAI) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (minat belajar PAI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian dan Minat Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |