Pengaruh intensitas menonton konten dakwah (#dakwahislam) TIKTOK terhadap sikap keislaman pada mahasiswa di Pekalongan

Khasanah, Retno Mulyo (2024) Pengaruh intensitas menonton konten dakwah (#dakwahislam) TIKTOK terhadap sikap keislaman pada mahasiswa di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420037__COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420037_FULLTEXT__.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3420037_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peran TikTok sebagai salah satu media sosial yang diminati oleh mahasiswa dan masyarakat umum, termasuk di lingkungan Perguruan Tinggi Pekalongan, turut berperan dalam perubahan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak konten dakwah di TikTok terhadap sikap keagamaan mahasiswa. Dengan demikian, kita dapat mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana pengaruh platform ini terhadap pemahaman dan praktik keagamaan mereka terkait "Pengaruh Intensitas Menonton Konten Dakwah (#dakwahislam) TikTok terhadap Sikap Keagamaan Mahasiswa di Pekalongan". Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah materi dakwah yang disajikan melalui platform TikTok memiliki dampak terhadap pandangan keagamaan mahasiswa di Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyebaran informasi melalui media massa, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode Purposive Sampling dengan formula Slovin, yang melibatkan 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara frekuensi menonton konten dakwah di TikTok dengan sikap keislaman mahasiswa. Nilai korelasi sebesar 0,764 menunjukkan hubungan yang tinggi antara kedua variabel tersebut. Koefisien determinasi sebesar 0,761 menunjukkan bahwa frekuensi menonton konten dakwah di TikTok mampu menjelaskan 76,1% variasi dalam sikap keislaman mahasiswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Uji T menunjukkan bahwa frekuensi menonton memiliki signifikansi yang tinggi terhadap sikap keislaman dengan nilai sig sebesar 0,000 (sig 0,05) dan t hitung sebesar 17,795 yang melebihi t tabel sebesar 1,661. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa frekuensi menonton konten dakwah di TikTok berdampak positif terhadap sikap keislaman mahasiswa di Pekalongan. Mahasiswa yang aktif mengonsumsi konten dakwah secara teratur dapat memperoleh pengetahuan baru tentang agama, memperkuat keyakinan, dan meningkatkan praktik keagamaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya peran media sosial sebagai sarana efektif dalam menyebarkan ajaran agama dan nilai-nilai keislaman di kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFakhrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Sikap Keislaman, Mahasiswa, Konten Dakwah TikTok
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 08 Nov 2024 06:46
Last Modified: 08 Nov 2024 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item