Korelasi antara pengamalan shalat dhuhur berjamaah dengan emotional quotient siswa kelas viii SMP Negeri 3 Pekalongan

Lestari, Diah Ayu (2017) Korelasi antara pengamalan shalat dhuhur berjamaah dengan emotional quotient siswa kelas viii SMP Negeri 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Shalat merupakan salah satu jenis kewajiban yang menduduki peringkat kedua dalam rukun Islam, yaitu setelah umat Islam bersyahadat.Shalat menunjukkan ketaatan kita kepada perintahNya baik dalam kata-kata maupun dalam perbuatan.Di samping itu juga shalat ditujukan untuk menjinakkan kekuatan dan keinginan-keinginan liar di dalamtubuh, pikiran, danha wanafsu agar mereka tetap dalam pengendalian nurani kemanusiaannya.Islam menganjurkan agar shalat wajib lima waktuseharisemal am itu dilakukan secara jamaah. Salah satu bentuk kebijakan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Pekalongan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa yaitu, melalui kegiatan pengamalan shalat dhuhur berjamaah.Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa akan mampu mengontrol diri, seseorang yang aktif melaksanakan shalat berjamaah, akan mampu mengendalikan pikiran dan hati mereka. Secaratidaklangsungpemahamandanpenerapankecerdasanemosionaldanpengamalanshalatberjamaahditerapkandalamkehidupansehari-hari Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahsebagaiberikut: pertama, bagaimanapengamalanshalatdhuhurberjamaahsiswakelas VIII di SMP Negeri 03 Pekalongan, kedua, bagaimanaemotional quotientataukecerdasanemosionalsiswakelas VIII di SMP Negeri 03 Pekalongan, ketiga, apakah terdapat korelasi antara pengamalan shalat dhuhur berjamaah dengan emotional quotient siswa kelas VIII di SMP Negeri 03 Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengamalan shalat dhuhur berjamaah dan emotional quoti ent (kecerdasan emosional) siswa di SMP Negeri 3 Pekalongan serta untuk mengetahui hubungan antara pengamalan shalat dhuhur berjamaah dengan emotional quotientsiswa di SMP Negeri 3 Pekalongan.Penelitian ini diharapkan adanya kegunaan secara teoritis, yaitu memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan, menambah khasanah keilmuan dunia pendidikan, serta dapat dijadikan sebagai refrensi berupa data ilmiah.Sedangkan kegunaan secara praktis yaitu diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi tanggung jawab pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik yang berakhlakul karimah dan dapat meningkatkan kemampuan professional pendidik dalam memberikan pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data nya menggunakan analisis statistic dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama,pengamalan shalat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 55,41. Hal ini ditunjukkan dengan nilai pengamalan shalat dhuhur berjamaah terletak pada interval 55 – 60.Kedua, emotional quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 64,70, dimana interval nilai berada pada interval l61 – 67.Ketiga pengamalan shalat dhuhur berjamaah mempunyai hubungan dengan emotional quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan, hal ini dibuktikan dari uji hipotesis mengunakan rumus korelasi product moment dengan hasil perhitungan nilairh diperoleh hasil0,479,dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,41 – 0,70 yang berarti menunjukkan antar variable terdapat kaitan/hubungan yang cukup atau sedang. Adapun pada taraf signifikansi 5 %, rtsebesar 0,325 berarti rxy= 0,479 >rt= 0,325, maka Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada taraf signifikansi 1 %, rtsebesar 0,418, berarti rxy = 0,479 >rt= 0,418, maka Ho ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik pada taraf signifikansi 5% dan 1% memiliki interpretasi sama, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengamalanshalatdhuhurberjamaahdenganemotional quotientsiswakelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan. Dengan demikian, hipotesis yang peneliti ajukan (bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengamalan shalat dhuhur berjamaah dengan emotional quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan) dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuhur Berjamaah dan Emotional Quotient
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:14
Last Modified: 10 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item