Maula, Nala Mirza (2024) Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Membangun Brand Awareness Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’i Akrom Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3420129_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
3420129_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3420129_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyaknya pondok pesantren yang tersebar di Pekalongan dengan program unggulan yang berbeda-beda, menjadi sesuatu yang kompetitif bagi para pengelolanya. Selain itu, dengan beredarnya berita-berita negatif seputar pondok pesantren belakangan ini, seperti kasus kekerasan, perundungan hingga pelecehan yang dilakukan oleh oknum pondok pesantren memberikan dampak kekhawatiran bagi orang tua yang ingin memondokkan anaknya. Oleh karena itu, pondok pesantren harus terus bersaing secara positif dengan mempertahankan citranya agar menarik minat calon santri untuk mengenyam pendidikan di pondok tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi persuasif Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’i Akrom Pekalongan dalam membangun brand awareness. Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori komunikasi persuasif Melvin DeFluer dan Sandra J-Ball Rokeach dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi persuasif Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’i Akrom Pekalongan sesuai dengan konsep komunikasi persuasif Melvin L.DeFleur dan Sandra J.Ball-Rokeach yaitu strategi psikodinamika yang dilakukan dengan menekankan pada santri itu sendiri melalui kegiatan-kegiatan positif yang mempengaruhi aspek emosional dan kognitif santri. Strategi sosiokultural yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan lingkungan sosial / masyarakat sekitar yang akan mempengaruhi pandangan mengenai ponpes dari masyarakat itu sendiri. Strategi the meaning construction yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosialm melalui postingan konten dengan desain menarik dan informatif yang memberikan kesan persuasif yang mudah dipahami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Pondok Pesantren. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11229 |
Actions (login required)
View Item |