Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kompetensi 4C Di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan

Yani, Mochamad Ron (2024) Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kompetensi 4C Di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320055_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2320055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Dalam menghadapi era 4.0, pendidikan perlu beralih dari fokus pada pengetahuan ke pengembangan sikap dan keterampilan agar siswa dapat bersaing dengan mesin. Kompetensi abad 21, terutama 4C (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas), menjadi sangat penting dan lebih bermanfaat daripada hardskill. Lulusan pendidikan diharapkan memiliki kedua keterampilan tersebut untuk sukses di dunia kerja karena kondisi softskill siswa saat ini yang dinilai kurang. Kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, berperan dalam mengembangkan kompetensi 4C, mengajarkan tidak hanya hardskill tetapi juga softskill yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan, bagaimana pembentukan kompetensi 4C melalui ekstrakurikuler pramuka di MII Pringlangu 03 Kota Pekalongan, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kompetensi 4C siswa di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan, Untuk mendeskripsikan pembentukan kompetensi 4C melalui ekstrakurikuler pramuka di MII Pringlangu 03 Kota Pekalongan, dan Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kompetensi 4C siswa di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu wawancara kepada kepala sekolah, pembina pramuka dan siswa kelas kelas atas MII Pringlangu 03 Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa sejarah berdirinya, visi dan misi, keadaan guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana MII Pringlangu 03 Pekalongan dan referensi kepustakaan-kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Pringlangu 03 Kota Pekalongan dilaksanakan secara terstruktur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berdasarkan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Kegiatan yang dilaksanakan pada latihan rutin mampu menumbuhkan kompetensi 4C pada siswa. Metode pembelajaran seperti ceramah, demonstrasi, dan praktik lapangan mendukung pengembangan keterampilan tersebut. Meskipun terdapat faktor positif seperti pembina yang kompeten dan lingkungan yang mendukung, kendala seperti keterbatasan biaya dan waktu sering menghambat optimalisasi. Dukungan dari pihak sekolah dan orang tua sangat diperlukan. Secara keseluruhan, ekstrakurikuler Pramuka berjalan baik dan memberikan manfaat signifikan dalam pengembangan keterampilan siswa sehingga dapat memberikan dampak positif di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Kompetensi 4C, Keterampilan Abad 21
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.8 Students/Siswa, Murid, Pelajar
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:15
Last Modified: 08 Nov 2024 07:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item