Kaunain, Adinda Nurul (2024) Implementasi Media Puzzle Untuk Menstimulasi Nilai Toleransi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tklb Negeri 1 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420012_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2420012_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2420012_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada penelitian ini berdasarkan observasi awal di TKLB Negeri 1 Pemalang, bahwa ada sebagian anak yang kurang mengerti mengenai nilai toleransi contohnya seperti anak yang belum mengerti makna menerima setiap perbedaan itu seperti apa, kurangnya pemahaman mengenai sikap menghormati seperti apa dan belum mengerti empati itu seperti apa. Berdasarkan latar permasalahannya, masalah utama dalam penelitian ini adalah permasalahan bagaimana penerapan media puzzle untuk mengoptimalkan nilai toleransi pada anak berkebutuhan khusus di TKLB Negeri 1 Pemalang. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu Bagaimana implementasi nilai toleransi pada anak berkebutuhan khusus di TKLB Negeri 1 Pemalang melalui media puzzle dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan nilai toleransi melalui media puzzle tersebut di TKLB Negeri 1 Pemalang. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi media puzzle untuk menstimulasi nilai toleransi pada anak berkebutuhan khusus di TKLB Negeri 1 Pemalang dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan nilai toleransi melalui media puzzle di TKLB Negeri 1 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk implementasi nilai toleransi yang diterapkan melalui media puzzle cukup baik dan berjalan dengan lancar, serta anak didik dapat memunculkan setiap indikator nilai toleransi yang tertera dengan inisiatif sendiri maupun dengan arahan guru. Walaupun masih ada indikator yang belum maksimal contohnya seperti anak -anak masih belajar dalam memahami makna empati pada temannya atau sekitarnya. Faktor pendukung mengenai penelitian ini terdapat dukungan dengan melibatkan anak-anak dalam setiap kegiatan sekolah seperti perlombaan dan karnaval sekolah dengan tujuan untuk melatih kerja sama satu dengan yang lain, belajar berkompetisi, belajar memahami perbedaan, dan saling menghormati , dan pada TKLB ini wali murid masih terlibat di setiap kegiatan anak namun tetap mengikuti arahan guru agar tetap kondusif dan dapat memberikan pembelajaran sebagai mestinya. Faktor penghambat mengenai penelitian ini kurangnya fokus anak dalam bermain puzzle serta masih minimnya media yang bisa digunakan untuk alat bantu penyampaian pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Puzzle, Anak Berkebutuhan khusus, Nilai Toleransi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11280 |
Actions (login required)
View Item |