Kholifah, Siti Nur (2024) Pengaruh lokasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk melalui word of mouth sebagai variabel moderating pada Franchise Segara Wiradesa (Studi Konsumen di Wiradesa Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120016_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4120016_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
4120016_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berkembangnya jumlah penduduk di Indonesia saling berkaitan dengan berkembangnya bisnis yang ada. Bisnis yang mudah berkembang salah satunya bisnis makanan dan minuman dengan sistem waralaba atau franchise. Keputusan pembelian merupakan dasar penentu. Konsumen dalam menentukan untuk memilih sebuah produk biasanya memiliki alasan tertentu di antaranya word of mouth, lokasi, dan citra merek. Word of Mouth adalah usaha memasarkan suatu produk atau jasa dengan cara pertukaran informasi dari satu konsumen ke konsumen lain atau dengan merekomendasikan suatu produk kepada orang lain. Citra merek yaitu sikap keyakinan dan persepsi referensi atas pemikiran ide dari suatu hasil bentuk interaksi produk. Lokasi adalah letak atau penempatan suatu benda atau wilayah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lokasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui melalui word of mouth sebagai variabel moderating pada franchise Segara Wiradesa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui sehingga sampel diambil menggunakan rumus Lemishow dengan minimal sampel diambil 100, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis moderated regression, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0.165 dan nilai signifikansi 0.021 < 0.050. Citra merek berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0.301 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.050. Word of Mouth memoderasi pengaruh lokasi dan keputusan pembelian dengan koefisien 0.076 dengan nilai t hitung = 2.821 > t tabel = 1.985. Word of Mouth memoderasi pengaruh citra merek dan keputusan pembelian dengan koefisien 0.053 dengan nilai t hitung = 2.970 > t tabel = 1.985.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lokasi, Citra Merek, Word of Mouth, Keputusan Pembelian | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:49 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11281 |
Actions (login required)
View Item |