Penggunaan metode storytelling dalam meningkatkan minat baca siswa di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan

Silvianingsih, Silvianingsih (2017) Penggunaan metode storytelling dalam meningkatkan minat baca siswa di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca para siswa merupakan cermin utama kegagalan metode membaca yang dilakukan di sekolah. Tidak diterapkannya metode membaca yang tepat menyebabkan rata-rata siswa hanya mampu membaca secara monoton dan menerapkan gaya membaca yang sama untuk setiap bahan bacaan. Storytelling merupakan metode yang sangat baik. Cerita yang disampaikan dengan baik, dapat menginspirasikan suatu tindakan; membantu perkembangan apresiasi kultural; kecerdasan emosional; memperluas pengetahuan anak-anak atau hanya menimbulkan kesenangan. MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan sudah menerapkan metode storytelling pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas rendah yaitu kelas 2. Hal ini dilakukan pendidik di MIS Winduaji Paninggaran guna meningkatkan minat baca siswa yang rendah menjadi lebih baik. Permasalahan yang dikaji (1) bagaimana penggunaan metode storytelling dalam meningkatkan minat baca siswa di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan? (2) apa kendala lapangan dalam penggunaan metode storytellingdi MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan?. Tujuan diadakannya penelitian adalah (1) untuk mengetahui deskrispsi penggunaan metode storytelling dalam meningkatkan minat baca siswa di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan, (2) untuk mengetahui kendala lapangan penggunaan metode storytelling di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan. Adapun kegunaan dari penelitian adalah menambah wawasan tentang metode storytelling dan sebagai acuan untuk memilih dan mengefektifkan metode yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan lokasi yang diteliti adalah MIS Winduaji Paninggaran. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 2 MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi disertai pedoman observasi sebagai acuan untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa dengan penggunaan metode storytelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian adalah pertama, penggunaan metode storytelling menekankan tentang kriteria pemilihan materi cerita, media dalam bercerita, dan cara penyajian cerita secara bertutur dan sistematis.Metode storytelling di MIS Winduaji Paninggaran Pekalongan digunakan pada kelas rendah, dalam hal ini peneliti menggunakan kelas 2 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan pengamatan dengan tabel pedoman observasi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode storytelling mampu meningkatkan minat baca siswa yang rendah menjadi lebih baik.Pencapaian butir amatan pada setiap indikator minat baca mulai dari perhatian, ketertarikan, keinginan serta tindak lanjut terhadap kegiatan membaca menunjukan bahwa minat baca yang dimiliki siswa lebih meningkat, hal ini juga terlihat dari aktifitas siswa sering berkunjung ke perpustakaan madrasah untuk membaca dan meminjam bacaan yang disukai. Kedua, terdapat sebagian kecil kendala lapangan penggunaan metode storytelling yaitu sebagian siswa cenderung pasif dalam menanggapi dan mengutarakan pendapat serta daya ingat masing-masing siswa berbeda sehingga terdapat sebagian yang siswa sukar dalam memahami isi bacaan dari cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNur Khamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Storytelling dan Minat Baca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item