Penggunaan metode jaritmatika untuk meningkatkan minat belajar matematika kelas II MI Sudirman Pekalongan

Faikoh, Nur (2017) Penggunaan metode jaritmatika untuk meningkatkan minat belajar matematika kelas II MI Sudirman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar matematika kelas II di MI Sudirman Pekalongan. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di Mi Sudirman Pekalongan. Obyek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berhitung dengan menggunakan jarimatika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas II MI Sudirman pekalongan dan apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar matematika kelas II di MI Sudirman Pekalongan. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode jarimatika serta apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas II MI Sudirman Pekalongan. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian serta melakukan observasi secara langsung. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode jarimatika digunakan dua kali dalam satu minggu pada mata pelajaran matematika di kelas II MI Sudirman. Penggunaan metode jarimatika disertai dengan nyanyian tentang jari tangan. Hasil penelitian berkaitan dengan siswa menunjukan bahwa penggunaan jarimatika pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar meskipun belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan semangat siswa dalam belajar. Tetapi masih ada faktor penghambat yaitu kemampuan siswa yang berbeda serta susah dalam menghafal aturan dasar jarimatika dan daya ingat siswa yang lemah, oleh karena itu guru selalu mengulang materi agar dapat membantu siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNur Khamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jaritmatika meningkatkan minat belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item