Pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang

Rahmawati, Dwi (2017) Pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang” dilatar belakangi peraturan dan tata tertib yang ada di madrasah saat ini hanyalah dimaknai sebagai peraturan tertulis dan formalitas saja. Banyak siswa yang tidak disiplin dan dengan mudah melanggar tata tertib sekolah. Banyak siswa yang tidak disiplin dan dengan mudah melanggar tata tertib msdrasah. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pendidikan kepramukaan di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang? Bagaimana peran pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pendidikan kepramukaan di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang dan untuk mengetahui peran pendidikan kepramukaan dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang. Sedangkan kegunaanya adalah menambah wawasan tentang pendidikan kepramukaan dan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembina pramuka, siswa, kepala madrasah dan guru. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis data model interaktif Miles and Hubarman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat di ambil kesimpulan bahwa Pendidikan kepramukaan di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diikuti oleh siswa kelas IV sampai dengan kelas VI dan telah berjalan dengan baik. Pendidikan Kepramukaan memiliki peran sebagai media dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui pengamalan nilai-nilai Dasadharma dalam kehidupan sehari-hari serta melalui latihan rutin mingguan, dan kegiatan-kegiatan yang menarik dan menyenangkan meliputi PBB, Upacara, Perkemahan, Wide Games yang pelaksanaanya dengan berpedoman pada Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudi Karyanto, UmumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Karakter Disiplin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item