Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Berdasarkan Kecerdasan Emosional Kelas Iii Sd Negeri 2 Gejlig Kecamatan Kajen

Fatimatuzahroh, Fatimatuzahroh (2024) Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Berdasarkan Kecerdasan Emosional Kelas Iii Sd Negeri 2 Gejlig Kecamatan Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318223_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318223_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2318223_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang di berikan di setiap jenjang pendidikan adalah Matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir siswa, karena dalam matematika siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis serta kemampuan pemecahan masalah. Berbagai upaya telah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika. Akan tetapi hasil yang diharapkan masih kurang maksimal bahkan proses belajar dan mengajar menjadi tidak menyenangkan dan cenderung membosankan bagi peserta didik. Salah satu masalah matematika yang sering ditemukan yaitu kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. Padahal soal cerita merupakan bentuk evaluasi kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dasar matematika yang telah dipelajari, berupa soal penerapan rumus.. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalis kemampuan siswa kelas III SD Negeri 2 Gejlig Kecamatan Kajen dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung berdasarkan kecerdasan emosional.dapat melihat hubungan dan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat menguasai keterampilan matematika serta memperkuat penguasaan konsep matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan jenis deksriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kelas III SD Negeri 2 Gejlig Kecamatan Kajen berdasarkan tingkat kecerdasan emosional sesuai instrumen yang digunakan kecerdasan emosional dan lembar tes. Untuk mendeskripsikan secara kualitatif maka diambil 19 siswa yang diambil berdasarkan pengisian angket kecerdasan emosional, hasil pengerjaan tes serta rekomendasi guru Adapun faktor penyebabnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara lain suasana hati siswa, lingkungan pergaulan, rendahnya kemampuan kognitif pada siswa, sikap belajar yang tidak fokus, motivasi belajar yang rendah, keadaan fisik yang terganggu, dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, Alyan198709282019031003-
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa, menyelesaikan soal cerita, kecerdasan emosional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:01
Last Modified: 11 Nov 2024 01:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item