Uspari, Nafa Alfaini (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa (Studi Kasus di MTs Nur Anom Gringsing Batang). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50222062_Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (760kB) |
|
Text
50222062_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
50222062_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Ibarat sebuah bangunan, karakter religius adalah pondasi yang sangat penting dalam pembentukan pribadi yang berakhlak mulia. Karakter religius adalah tingkah laku atau sikap yang taat agama, toleran terhadap pelaksanaan ibadah, dan menjalin kerukunan terhadap sesama. Berdasarkan observasi awal pada hari Jumat, 1 Desember 2023 di MTs Nur Anom Gringsing Kabupaten Batang bahwa madrasah tersebut adalah lembaga yang sangat serius dalam mendorong siswa agar memiliki karakter religius yang baik. Akan tetapi masih ada siswa yang mengejek temannya atau memanggil teman dengan sebutan yang buruk, tidak khusyu’ saat berdoa sebelum belajar, beberapa siswa belum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar, dan ada siswa yang membuang sampah sembarangan. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius dengan cara yang efektif.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakter religius siswa di MTs Nur Anom Gringsing Batang? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa di MTs Nur Anom Gringsing Batang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter religius di MTs Nur Anom Gringsing Batang dan untuk menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa di MTs Nur Anom Gringsing Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025. Sedangkan lokasi penelitian adalah MTs Nur Anom Gringsing Batang. Sumber data dibagi menjadi dua jenis, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Studi ini menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi data, penyajiian data, dan penarikan kesimpulan. Selama bekerja di lapangan, peneliti selalu berusaha untuk mencapai kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa MTs Nur Anom Gringsing mewujudkan karakter religius dalam hal hubungan individu dengan Tuhan, hubungan individu dengan sesama, dan hubungan individu dengan lingkungan. Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa di MTs Nur Anom Gringsing yaitu peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai evaluator, dan peran guru sebagai teladan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru PAI, Karakter Religius | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:00 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11403 |
Actions (login required)
View Item |