Septiarko, Enggar (2024) Implementasi Pendidikan Inklusi Kurikulum Merdeka Di Mi Walisongo 01 Kranji Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319021_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2319021_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2319021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Walisongo 01 Kranji Kedungwuni memiliki berbagai program unggulan yang dirancang untuk mendukung kebutuhan perkembangan siswa secara menyeluruh. Salah satu keunggulan utama madrasah ini adalah penerapan program pembelajaran individu (PPI), program klinik baca dan juga program parenting reguler yang memungkinkan setiap siswa belajar sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan gaya belajar masing-masing. Pendekatan ini tidak hanya mendorong peningkatan akademik, tetapi juga memastikan bahwa setiap anak, baik dengan kebutuhan khusus maupun siswa reguler, mendapatkan perhatian dan bimbingan sesuai dengan kapasitasnya. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti memaparkan rumusan masalah, yaitu: (1)Bagaiamana perencanaan pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni? (2)Bagaiamana implementasi pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni? (3)Bagaimana evaluasi pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni?. Dengan tujuan peneitian yaitu Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan inklusi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni, Untuk Mendeskripsikan implementasi pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni dan Evaluasi pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Field Research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan implementasi pendidikan inklusi kurikulum merdeka di MI Walisongo 01 Kranji Kedungwuni, dalam perencanaannya meliputi, menyusun kaldik pendidikan, mengidentifikasi keberagaman siswa, mengadakan pertemuan orang tua wali murid, dan menyususn modul ajar. Implementasi pendidikan inklusinya antara lain, adanya kegiatan program pembelajaran individu, program klinik baca dan parenting reguler. Evaluasi pendidikan inklusinya mencakup dalam bentuk kegiatan rapat kerja guru serta evaluasi kemajuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan inklusi, Kurikulum Merdeka, Peserta didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:57 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11413 |
Actions (login required)
View Item |