Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Bojong Minggir

Ismawah, Finka (2024) Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Bojong Minggir. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320041_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2320041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum baru, yang membuat guru harus melakukan adaptasi dan penyesuaian. Tidak semua guru paham mengenai konsep Kurikulum Merdeka sehingga membutuhkan waktu bagi guru. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti akan melakukan penelitian mengenai problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir ? (2) Apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir ? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir (2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir (3) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 01 Bojong Minggir. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan 3 tahap triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN 01 Bojong Minggir yaitu penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang kurang maksimal, kesulitan guru dalam menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran guru masih sering menggunakan metode ceramah sehingga terkesan monoton, kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Upaya guru dalam mengatasi problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka yaitu dengan mengikuti workshop dan mengikuti pertemuan KKG, menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien dan melakukan penambahan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Penerapan, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:12
Last Modified: 11 Nov 2024 07:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item