Alimin, Alimin (2024) Efektivitas penggunaan media pembelajaran augmented reality dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di kelas A RAM NU Yosorejo Kecamatan Petungkriyono. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420030_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2420030_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2420030_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
Pada penelitian ini minat belajar anak masih rendah, masih banyak anak yang belum bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Usaha yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini belum optimal, jadi belum mampu merubah ataupun meningkatkan minat belajar. Sehingga diperlukanya media pembelajaran untuk membantu meningkatkan minat belajar anak usia dini yaitu media pembelajaran Augmented Reality. Penelitiam ini mencakup dua rumusan masalah yaitu apakah terdapat perbedaan minat belajar anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Augmented Reality dan bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran Augemented Reality dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di kelas A RAM NU Yosorejo Kecamatan Petungkriyono. Tujuan penelitian, yaitu mengetahui perbedaan minat belajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Augmented Reality dan efektivitas media pembelajaran Augmented Reality dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di RAM NU Yosorejo Kecamatan Petungkriyono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental desigen yaitu one-grup pretest-postest. Menggunakan subjek anak usia dini yang berjumlah 10 anak di RAM NU Yosorejo Kecamatan Petungkriyono dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji T. Hasil penelitian minat belajar anak usia dini sebelum (pretest) menggunakan media pembelajaran Augmented Reality didapatkan hasil total sebesar 234, dengan rata-rata 23,4. Setelah dilakukan perlakuan dengan media pembelajaran Augmented Reality, maka diperoleh nilai total 272 dengan rata-rata nilai postest yaitu 27,2. Persentase efektifitas dari media tersebuat adalah 58,25% sebelum diberikan perlakuan, dan sebesar 68% setelah di berikan perlakuan yang artinya media pembelajaran Augmented Reality yang diterapkan pada proses pembelajaran anak usia dini di kelas, efektif dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di kelas A RA Muslimat Yosorejo Kecamatan Petungkriyono.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Augmented Reality, Minat belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:29 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11434 |
Actions (login required)
View Item |