Sa'diyah, Kholilatus (2017) Pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas iii MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Mulanya istilah literasi menunjuk pada huruf, sehingga kadang literasi diterjemahkan sebagai keaksaraan. Ini sesuai dengan hurufiah bahwa literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan literasi siswa di sekolah dasar merupakan kemampuan yang diajarkan dalam semua bidang. Di sekolah dasar pada umumnya mencakup semua rumpun ilmu. Karena siswa perlu mempunyai kemampuan literasi secara lengkap yang menggambarkan keseluruhan bidang ilmu. Di sekolah dasar menjadi sangat penting untuk diajarkan, mengingat kemampuan literasi pada tingkat sekolah dasar akan menentukan bagaimana kualitas diri akan dikembangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembelajaran literasi kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program pembelajaran literasi di kelas III, untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan proggram pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, memberikan kontribusi mengenai pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, serta dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keterampilan literasi sebagai dasar untuk mengguasai bidang studi yang lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca di kelas III di MI Gondang adalah dengan menggunakan program Buku Bacaan Berjenjang (B3). Pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III di MI Gondang belum berjalan secara efektif dan maksimal, hal ini dapat diketahui karena pelaksanaan program Buku Bacaan Berjenjang (B3) tidak setiap hari dilaksanakan, melainkan dilaksanakan ketika ada waktu kosong di sela-sela pembelajaran, media yang digunakan saat pelaksanaan pembelajaran adalah dengan menggunakan media big book, buku bacaan berjenjang (B3) serta memanfaatkan media yang ada di dalam kelas maupun di luar kelas, model belajar yang digunakan adalah menggunakan model belajar multi kelompok dan lesehan di dalam kelas. Adapun faktor yang mendukung pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III antara lain: guru-guru yang berjumlah 4 orang sudah mengikuti Diklat khusus tentang literasi dan memiliki motivasi yang tinggi, media pembelajaran bervariasi, perpustakaan, ruang kelas yang literat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: setting pembelajaran yang kurang mendukung, waktu pembelajaran, ada beberapa peserta didik yang belum terlalu paham dengan tanda baca, kurangnya mengenali huruf yang memiliki kemiripan bentuk dan bunyi serta kesulitan digraf dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Program Pembelajaran Literasi. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |