Salim, Muhammad Sulaiman (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Scratch Berbasis Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi Kelas IX MTs Muhammadiyah Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2618125_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (647kB) |
|
Text
2618125_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
20. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Zaman yang semakin berkembang mempengaruhi perkembangan inovasi dalam dunia pendidikan. Sebagai bentuk adaptasi, penggunaan teknologi dalam pembelajaran saat ini menjadi suatu hal penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan karena keadaan pembelajaran matematika Kelas IX MTs Muhammadiyah Pekajangan yang masih berpusat pada guru dan monoton membuat siswa mudah bosan. Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, penelitian ini menggunakan bantuan teknologi berupa media pembelajaran Scratch berbasis computational thinking pada materi transformasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi, bagaimana proses pengembangan, tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Scratch berbasis computational thinking pada pembelajaran matematika materi transformasi Kelas IX MTs Muhammadiyah Pekajangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Scratch berbasis computational thinking pada pembelajaran matematika materi transformasi kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Tingkat kevalidan media pembelajaran Scratch Math berbasis computational thinking termasuk kategori valid dengan persentase sebesar 79% oleh ahli media dan termasuk kategori valid dengan persentase sebesar 78 % oleh ahli materi. Tingkat kepraktisan media pembelajaran Scratch Math berbasis computational thinking termasuk dalam kategori praktis dengan persentase sebesar 75% dari angket respons siswa dan guru. Tingkat keefektifan media pembelajaran Scratch Math dengan uji N-gain diperoleh nilai N-gain sebesar 0,59 dan persentase uji N-gain sebesar 59,2%, sehingga media pembelajaran Scratch Math tergolong efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE, Scratch, Computational Thinking, Transformasi. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:32 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11458 |
Actions (login required)
View Item |