. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Computational Thinking (CT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP Negeri 2 Karanganyar

Rizky, Muhammad. (2024) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Computational Thinking (CT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP Negeri 2 Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620074_Cover_Bab I dan V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
2620074_Full Text.pdf

Download (2MB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rizky, Muhammad. 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Computational Thinking (CT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP Negeri 2 Karanganyar. Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen: Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Computational Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan berpikir kritis di SMP Negeri 2 Karanganyar masih tergolong rendah. Hal sebabkan oleh model pembelajaran yang kurang efektif. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning memiliki kekurangan dimana siswa yang memiliki kecepatan berpikir yang lambat mungkin menghadapi kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran Computational Thinking agar siswa terbiasa berpikir secara terstruktur, kritis dan logis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel (SPLDV) dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)? 2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel (SPLDV) dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Computational Thinking? 3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Computational Thinking (CT) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)? Dalam pelaksanaan penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test. Analisis data yang diguunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Hasil kemampuan berpikir siswa dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning mendapat nilai rata-rata 61,33 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan Contextual Teaching and Learning berbasis Computational Thinking mendapat nilai rata-rata 76,83 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 95. Dari hasil uji hipotesis menggunakan independent simple t-test didapatkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka H_a diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis Computational Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDiah Pramesti, Santika LyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Computational Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:05
Last Modified: 11 Nov 2024 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item