Implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat kelas iv MIS Bumirejo Kota Pekalongan

Istiqomah, Istiqomah (2017) Implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat kelas iv MIS Bumirejo Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I. V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran adakalanya peserta didik bahkan gurumangalami kejenuhan. Hal ini akan menjadi masalah bagi tercapainya tujuan pembelajaran. kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran dapat dilihat selama proses pembelajaran berlangsung, seperti kurang perhatian, mengantuk, ngobrol dengan sesama teman, pura-pura mau ke kamar kecil hanya untuk menghindari kebosanan. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang bervariasi sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai serta situasi dan kondisi belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Media merupakan komponen penting dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Guru perlu memvariasi media sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Media dimaksudkan agar dapat meningkatkan hasil belajar sehingga lebih bermakna dan tahan lama. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan? Apa kelebihan dan kekurangan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat Kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan, untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat Kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan analisis Miles and Huberman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan dikatakan baik dan berhasil. Hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung dimana peserta didik terlihat antusian dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru dengan memperoleh nilai diatas KKM. Kelebihan media manik-manik warna diantaranya harga terjangkau, dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, tahan lama dan mudah dibawa.Adapun yang menjadi kekurangan media manik-manik warna antara lain tidak dapat digunakan untuk bilangan yang bernilai besar, Membutuhkan alokasi waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media manik-manik warna dan pembelajaran matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item