Aulia, Anisa Eka Zami Nur (2024) Implementasi Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas 7 SMP N 4 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120283_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (586kB) |
|
Text
2120283_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang pesat telah mempengaruhi cara berpikir dan sikap umat Islam dalam pendidikan agama. Di tengah arus informasi dan kemajuan teknologi, pemahaman serta keterampilan membaca Al-Qur'an menjadi krusial, terutama di kalangan remaja. Di SMP N 4 Kajen Kabupaten Pekalongan, terdapat fenomena menurunnya minat dan kemampuan membaca Al-Qur'an, dengan banyak siswa yang belum memahami kaidah membaca dan bahkan ada yang buta huruf Arab. Pembiasaan membaca Al-Qur'an, khususnya juz 'amma, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Kegiatan ini diadakan setiap pagi sebelum pembelajaran, dengan semua siswa kelas 7 membaca juz ‘amma selama 15 menit. Kegiatan dilakukan di dalam kelas pada pukul 07.00. Seluruh siswa, yang berasal dari latar belakang ekonomi dan pendidikan yang beragam, diharapkan dapat membaca bersama dan memperkuat hafalan mereka. Pembacaan surat bervariasi setiap semester untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa proses pembiasaan membaca juz ‘amma terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pembiasaan membaca juz ‘amma terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Kelas 7 SMP N 4 Kajen Kabupaten Pekalongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data kondensasi data, penyajian data yang diperoleh dari hasil wawancara kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, Guru dan siswa di SMP N 4 Kajen Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan minat siswa membaca Al-Qur'an, serta memperbaiki kemampuan membaca mereka. Meskipun terdapat kendala dalam pengaturan kelas dan perbedaan karakteristik siswa, faktor pendukung seperti peraturan dan kedisiplinan sangat membantu kelancaran kegiatan. Diharapkan dengan pembiasaan ini, siswa menjadi lebih terbiasa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu peserta didik lebih fokus dan tenang saat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembiasaan, Juz ‘Amma, Kemampuan, dan Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11460 |
Actions (login required)
View Item |