Maghfiroh, Atika (2024) Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Program BPJS Kesehatan Di Puskesmas Tirto II Berdasarkan Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
1520081_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
1520081_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
1520081_Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang kualitas kesehatan bagi peserta program BPJS Kesehatan di Puskesmas Tirto II berdasarkan Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik dan menjelaskan implikasi hukum terhadap kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta program BPJS Kesehatan Puskesmas Tirto II berdasarkan Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian normatif empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan pegawai Puskesmas Tirto II, wawancara dengan pasien peserta dam pasien Non-Peserta Program BPJS. Sumber data sekunder penelitian ini yaitu Surat Keputusan Kepala Puskesmas Tirto II Nomor: 440/SK/010/I/2023 tentang Kebijakan Pelayanan Klinis. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat 3 (tiga) asas dalam Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik yaitu, asas pelayanan yang baik, asas keadilan, dan asas ketidakberpihakan/tidak diskriminatif yang belum berjalan dengan baik yaitu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengkajian Awal Klinis.SOP yang tidak sesuai dengan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik dan menimbulkan beberapa implikasi hukum pada kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta program BPJS Kesehatan di Puskesmas Tirto II berdasarkan Asas-asas Umum pemerintahan Yang Baik yaitu, pasien tidak menerima hak nya berupa pelayanan kesehatan yang lengkap, serta menurunkan tingkat kepercayaan pasien kepada pelayanan Puskesmas Tirto II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peserta BPJS, Standar Operasional Prosedur (SOP), Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik (AUPB) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.2 Politik Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Tata Negara | ||||||||
Depositing User: | Tiara Silvana Elfa | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:25 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11462 |
Actions (login required)
View Item |