Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada mata pelajaran aqidah akhlak materi asma’ul husna melalui metode card sort di MIS Pasirsari 01 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan

Mayasari, Intan (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada mata pelajaran aqidah akhlak materi asma’ul husna melalui metode card sort di MIS Pasirsari 01 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pelaksanaan pembelajarannya khususnya pada materi Asma’ul Husna masih disampaikan dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran terasa membosankan dan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran di kelas. Sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya nilai siswa dibawah KKM yang ditentukan yaitu 70, berjumlah 19 siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru mencoba menyampaikan materi Asma’ul Husna, dengan menggunakan metode Card Sort (Cari Kawan). Rumusan masalah yang dikemukakan didalam penelitian ini adalah apakah metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asma’ul Husna di MIS Pasirsari 01 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asma’ul Husna dengan menggunakan metode Card Sort di MIS Pasirsari 01 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini antara lain memberikan masukan bagi guru dan siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar, mewujudkan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan,guru dapat mengembangkan kemampuan dan memilih metode atau strategi pembelajaran yang tepat serta meningkatkan kemampuan mengajar secara professional. Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI MIS Pasirsari 01 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Asma’ul Husna dengan menggunakan metodeCard Sortdi MIS Pasirsari 01 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Sebelum menggunakan metode Card Sorthasil belajar yang didapat siswa masih rendah yaitu ada 19 siswa yang nilainya dibawah KKM dengan rata-rata nilai kelas 62,19. Setelah guru menggunakan metode Card Sortpada siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu siswa yang nilainya dibawah KKM berjumlah 11 siswa. Dengan rata-rata nilai kelas 71,41. Pada siklus II hasilnya juga mengalami peningkatan yakni hanya ada 3 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, sedangkan 29 siswa yang lain mendapat nilai di atas KKM (Tuntas) dengan rata-rata nilai kelas 82,19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Asma’ul Husna, Metode Card Sort
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item