Ananda, Kemuning Tria (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Game-Based Learning Melalui Question Serenade Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620015_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2620015_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
2620015_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) menggunakan question serenade dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA MAN 1 Brebes. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya inovasi dalam pembelajaran, terutama di era digital, di mana siswa cenderung lebih tertarik pada pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Game Based Learning terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana keaktifan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran game-based learning dalam memahami konsep barisan dan deret? 2) pakah ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa antara penggunaan pembelajaran game-based learnina dan metode konvensional pada materi barisan dan deret? Dengan tujuan peneliti untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas penggunaan metode pembelajaran game-based learning dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa dalam materi barisan dan deret di kelas tersebut. Di samping itu peneliti ingin meneliti apakah pembelajaran dengan menggunakan game-based learning lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian yang diterapkan adalah desain quasi eksperimental, yang melibatkan dua kelas: kelas eksperimen XI MIPA 3 yang menerapkan game question serenade dan kelas kontrol XI MIPA 4 yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum dan sesudah proses pembelajaran, siswa menjalani pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 74,76, sementara kelas kontrol hanya 57,71. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan GBL, khususnya melalui permainan question serenade, tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta mendorong kerja sama dan keterampilan sosial di antara siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game-Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11509 |
Actions (login required)
View Item |